Kamis, 10 September 2020

Penyakit Tetelo Ayam Cari Tau Disini



Penyakit Tetelo Ayam Cari Tau Disini
- Penyakit Tetelo Ayam Cari Tau DisiniBagi peternak, mengetahui beragam ragam penyakit yaitu hal yang perlu dijalankan. Kita mengenal ada banyak ragam penyakit yang dapat menjangkit unggas yang kita pelihara, apa saja ragam ayam kita, tanpa terkecuali Ayam Kampung Super. Ayam kampung super termasuk ragam ayam yang lebih bendung kepada penyakit. Tetapi ada sebagian penyakit yang dapat menjangkit ayam kampung super. Penyakit yang umumnya menyerang pada ayam kampung super hal yang demikian diantaranya penyakit tetelo,gumboro, bronkitis dan ngorok. Penyakit menular yang sering kali menyerang ayam hal yang demikian cukup membahayakan sebab 3-4 hari dari merebaknya tetelo karenanya ayam yang terdapat dalam satu populasi dapat terjangkit segala.

1. Ragam Velogenik
Pada level inilah yang akan menjadi momok seram bagi peternak ayam, sesudah virus meyebar dan tak adanya penanganana yang lebih lanjut umumnya penyakit \\ dengan macam velogenik amat membahayakan sebab dapat menyebabkan kematian sampai 100 %.

Oleh karena itu, ayam yang telah terkena dan terjangkit mesti lantas dibinasakan sebab untuk mencegah penuralan ke ayam yang lainnya. Pencegahan terbaik guna mengurangi serangan penyakit tetelo yaitu dengan memberikan ayam vaksinisasi rutin dengan ragam vaksin strain F, strain K dan Lasota.

Dalam menjalankan pembelian vaksin peternak mesti melihat kemasan yang cocok dengan keperluan, karena vaksin mesti habis dalam satu kali pengaplikasian. Sebelum menjalankan vaksinisasi pada ayam peternak mesti melihat juga sebagian hal seperti dibawah ini :

Simpan vaksin dalam temperatur dingin
Alat yang akan dipakai untuk vaksinisasi pada ayam mesti steril dan bebas dari bakteri
Sebelum menjalankan vaksin sebaiknya ayam diberi makan terutamanya dulu
Lakukan vaksinisasi pada waktu pagi atau petang hari, jagan menjalankan vaksin pada ketika siang hari ketika sang surya sedang panas – panasnya
Pastikan ayam yang akan diberi vaksin dalam situasi sehat.

2. Ragam Mesogenik (Strain ND macam sedang)
Penyakit ini bisa menjangkiti buah hati ayam dan ayam yang masih muda. Kematian imbas penyakit denga macam mesogenik dapat menempuh 30% dari segala populasi ayam dikandang. Ayam yang jarang terkena tetelo macam mesogenik yaitu ayam yang berumur 8 bulan keatas (yang telah dewasa). Komponen tubuh yang diserang yaitu cara pernafasan dan saraf.Pada level ini gejala yang akan ditimbukan yaitu gangguan pernapasan pada ayam, umumnya tingkat ini akan membikin ayam yang masih berusia muda akan lebih banyak mengalami kematian.

3. Ragam Lentogenik (strain ND macam lemah)
Ayam yang terkena penyakit ini menyebabkan produktivitas telor menjadi berkurang. Telor yang dihasilkannya juga mengalami penurunan mutu. Penyakit ND stadium lemah ini hampir tak menyebabkan kematian cuma pernafasan agak megap-megap.

Penyakit sampar atau tetelo ini memiliki sebagian gejala diantaranya megap-megap, lemah, lesu, tak memiliki nafsu makan, ngorok dan sebagian gejala lainnya.

Metode penanggulangannya dengan diberi vaksinasi secara teratur. Macam vaksin yang diberi ND Lasota, ND Komarov. Kini ini ada vaksin ND-IB yang yaitu kombinasi vaksin yang cukup tepat sasaran. Sebaiknya vaksinasi NB-IB diberi ketika buah hati ayam berumur kurang dari 1 pekan.